Redirect Port 80 Ke Port Lain-nya

Sebenarnya ini pertanyaan saya sendiri kemarin, cuma saya lagi malas menulis di blog ini. Kebetulan server hotspot saya menggunakan billing antamedia sehingga port 80 otomatis terpakai oleh aplikasi ini. Tapi kebetulan juga saya ingin menjadikan server hotspot ini agar bisa menjadi sebuah webserver (rugi juga kan kalau resource nggak di maksimalkan). Tujuannya untuk mencoba membuka gameserver di daerah sekitar sini yang terjangkau oleh sinyal wi-fi (mudah²an nanti bisa online).
Sebenarnya awalnya di kepala saya langsung keluar tentang menggunakan port lain, namun untuk memastikannya saya googling dulu sebentar dan langsung mempraktekannya dalam 5 menit selesai deh.
Cara redirect ini sebenarnya sudah kuno namun masih berguna mungkin untuk beberapa orang yang isp (internet service provider)-nya menutup port 80 atau mungkin karena bertabrakan dengan port oleh aplikasi lain (contohnya billing antamedia yang menggunakan port 80) bisa di akali dengan cara melakukan redirect port. Ok deh jangan banyak ngomong langsung aja kita siapkan dan praktek.
Pertama adalah persiapan:
  1. Wamp5 (Xampp/Lampp kayaknya juga bisa cuma malas cari  konfigurasi manualnya rubah default port 80)
  2. Domain di name.com biar enak arahkan domain ke komputer dirumah.
  3. Sedikit pengetahuan dan ketelitian.
  4. Bagi perokok hukumnya WAJIB MEROKOK hehehe :P
Ok tanpa cas-cis-cus kita langsung saja install wamp5 lalu edit file httpd di direktory c:\wamp\apache2\conf Bagian yang dirubah cuma 2 baris ini saja:
Listen 80 –> Listen 81
ServerName localhost:80 –> ServerName localhost:81
Untuk yang menggunakan aplikasi lain mungkin bisa tanya support bagaimana merubah konfigurasi default port 80 ke port lain. Setelah itu otomatis komputer lokal kita ketika menjalankan program wamp akan langsung membuka port 81. Selesai buka port selanjutnya ikuti saja petunjuk-nya mirip di artikel ini. Apa? Nggak ngerti!? ya udah deh di lanjutin saja artikelnya biar kelar.
Setingan di name.com panel sama seperti di artikel yang lama buatlah dns alias satu untuk domain.com satunya lagi untuk www.domain.com atau bisa buat seterusnya dengan sub-domain selanjutnya-selanjutnya-dan-seterusnya-bla-bla-bla.
Setingan di modem contoh dengan modem gratisan speedy.
Port map kita ganti 81 maksudnya agar ada setiap request port 80 dari any ke ip wan akan di alihkan(redirect) ke ip lan dengan port 81.  begitu juga dengan port lainnya bukan cuma port 81 saja yang bisa di konfigurasi seperti  ini, ini kan cuma contoh saja… Mudah kan? kalau bisa mudah kenapa harus dibuat susah… :P



0 komentar on Redirect Port 80 Ke Port Lain-nya :

Posting Komentar